topologi jaringan internet yang ideal buat warnet

pertama tama ketika tidak terlalu tau akan jaringan ane make jaringan dengan toplogi star..
 kira kira seperti ini yang pernah ane pake..



 jadi HUB yang menjadi pusat. pembagian bandwidth nya juga, sesuai kompi yang membutuhkan/alias mana yang membutuhkan, tidak ada yang memanage nya... 

itu perjalan kira kira 2-3 tahun... ane bertahan.. karena memang banyak keunggulan nya dengan tipe sperti itu..

diantaranya
1. jaringan tidak terpusat pada satu gateway / server / komputer.. dengan kata lain.. ketika ada komputer mati, atau komputer billing mati, itu tidak berpengaruh kepada komputer clien... jojong aja ...tetep online... karena ane sering nyoba nyoba software baru.. eehh.. ternyata virus.... yaa mati lah kompi billing...

2. tidak berat/lelet/lemot ketika menjalankan soft billing, tetepi itu tergantung spek kompi itu sendiri... klo emang kompinya jadul... yaa.. sama aja... lelet..

ternyata user makin hari makin ngerti komputer... salah satu nya.. mereka klo download pasti make IDM... tau kan klo pake soft yang ini.. bandwidth pasti kesedot semua... walhasil.. user yang laennya teriak teriak.... woyyyy..... nglagg...ggggaaggllgg.. gitu dah.. kurang lebihnya... akhirnya.. ane memutuskan kudu pake bandwidth manager..nih...
     nyari nyari di mang gugel.. kaga nemu yang namanya soft bandwidth manager dengan topologi jaringan star... blom ada soft bandwidth manager yang kerjanya kaya net cut... yang bisa kerja walau hanya di instal di satu kompi aja..
        klo gitu kudu pake gate way nih.. satu komputer di korbanin... akhirnya ane coba coba dengan topologi jaringan... seperti ini..

ternyata dengan topologi seperti ini ampuh juga untuk menangkal user yang memakai IDM / yang membuka web dengan serakah

  untuk soft pembagi bandwidth nya di instal di pc router/server, ane  pake antamedia bandwidth manager, bisa di unduh dimari lumayan..makyuss..

untuk setiingan / pembagian bandwidth di windows... emang  susah buat ane yang nubi...tapi berkat keingin yang kuat.. ane begadagin dah ampe pagi untuk bisa / make bandwidth manager.

..walhasil ... berhasil.. horee... hore... untuk bandwidth nya ane set untuk download 65KB/sec, dan untuk upload ane set 20 KB/Sec

sory klo uacak uacakan... dari pada nguacak nguacak wc..

Komentar

Anonim mengatakan…
maz ane dah pake topologi di atas,masalahnye di pc server apa bisa dinstal billing,
Daphie Widiyanto mengatakan…
Untuk pengaturan IP address PC router/server-nya bagaimana?
gozali mengatakan…
untuk billing.. itu di instalnya di PC biling, bukan di PC gateway atau PC router..

untuk IP pc router.. itu udah otomatis di atur oleh modem... klo modem IP nya 192.168.1.1 maka PC router otomatis dapet IP 192.168.1.2